Tak Perlu Thanos

posted in: Capture | 0

Tiga tahun lalu, di Munich Security Conference, Bill Gates, tokoh dan dermawan yang juga pendiri Microsoft Corporation bilang, “tak perlu meminjam jari-jari Thanos untuk memusnahkan populasi manusia secara signifikan bila satu virus dapat melakukannya.”

Hari ini kita menyaksikan dunia semakin khawatir dengan Wuhan Coronavirus yang penyebarannya begitu cepat.

Selama ini, pemerintahan dunia, termasuk Indonesia terlalu mengkhawatirkan soal musnahnya populasi karena ancaman perang terutama serangan nuklir, dan perubahan iklim tapi abai soal health security.

Sejarah mencatat, pada 1918 Flu Spanyol menjangkiti sepertiga populasi dunia (sekitar 500 juta orang) dan menewaskan 50-100 juta penderita. Yang masih hangat tentu serangan Ebola pada 2014-2016 yang menewaskan 11.000 orang di Afrika.

Kita semua berharap 2019-nCoV ini tidak menjadi sengeri Flu Spanyol dan Ebola. Tetapi kita juga bisa melihat dampak hantaman Novel Corona yang mulai membuat ekonomi China terancam, dan tentu akan merembet ke berbagai belahan dunia lainnya.

Ekonom di Chinese Academy of Social Science, Zhang Ming memprediksi pertumbuhan ekonomi China melambat lima persen. Tak perlu jauh-jauh soal itu, penghentian penerbangan langsung dari China, jelas akan sangat berpengaruh pada target kunjungan wisman, termasuk di Sulawesi Utara, yang menjadikan wisman asal China sebagai primadona.

Tulisan ini menjadi pengantar untuk berita yang saya ditulis di sini: https://zonautara.com/2020/02/04/virus-corona-akan-pengaruhi-kunjungan-wisman-pada-2020/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *